Selasa, 28 Agustus 2012

勉強会 - 部首漢字

皆さん、今日は。。。
Baru saja kita selesai mengikuti benkyoukai (勉強会) yang bertempat di sekretariat Himaspa FS-UH, benkyoukai kali ini membahas tentang salah satu cara mudah untuk menghapal kanji, yaitu dengan melihat Bushu (部首) dari Kanji tersebut. Bushu adalah karakter-karakter dasar yang menyusun dan akhirnya terbentuklah huruf kanji tersebut.


Seperti yang kita ketahui, selain kanji dasar, di dalam huruf Kanji terdiri dari bermacam-macam gabungan karakter Kanji sehingga terbentuklah huruf Kanji yang sangat rumit dan memiliki arti. Begitu pula dengan jumlah goresan hingga mencapai 30 goresan, sehingga kita harus teliti dalam menemukan karakter dasarnya.

Maka dari itu pada kesempatan ini sang ketua himpunan, Muh. Ridwan Nur Ramadhan sebagai pemateri menjelaskan beberapa bushu yang lazim ditemui oleh pemula yang sedang mempelajari kanji.

peseta benkyoukai serius menerima materi
Mengingat huruf kanji yang begitu banyak yaitu mencapai ribuan, maka bangsa China sekitar tiga abad yang lalu telah mengembangkan sistem penggolongan karakter-karakter dasar menjadi 214 unsur karakter dasar. Hingga sekarang sistem ini masih digunakan dalam mencari sebuah huruf kanji di dalam kamus kanji. Dengan dikelompokkannya bushu kanji menjadi 214 karakter, tentu kita akan semakin mudah dalam pencarian huruf kanji secara umum.

Benkyoukai kali ini diikuti oleh sekitar 20an warga Himaspa yang rata-rata terdiri dari 二年生 (mahasiswa tahun kedua) dan 三年生 (mahasiswa tahun ketiga). Semua peserta benkyoukai santai namun serius dalam mendengarkan penjelasan pemateri. Semoga kegiatan ini bisa berguna untuk kita semua, がんばれ!!!