Senin, 16 Juli 2012

勉強会 with Mio-san

皆さん、今日は。。。

    Benkyoukai (勉強会) di bulan juli ini kita kedatangan Nihonjin (日本人), yaitu Kobayashi Mio san. Kobayashi Mio san ini bekerja di sektor lingkungan, pekerjaan sehari-harinya yaitu mensosialisasikan pelestarian lingkungan kepada masyarakat. Maka dari itu tema dari benkyoukai  (勉強会) kali ini kita membahas tentang lingkungan. 



Setelah berbincang-bincang sedikit mengenai lingkungan dengan Mio-san, Mio-san bertanya pada peserta benkyoukai kali ini, apa saja masalah lingkungan yang menurut kita sedang di hadapi. Ada yang menyebutkan sampah, asap kendaraan, penipisan atmosfer,dll. Kemudian Mio-san membagikan secarik kertas kepada semua peserta benkyoukai. kertas itu kemudian digunakan untuk bermain bingo. Di dalam kotak-kotak bingo masing-masing peserta menuliskan apa yang bisa kita lakukan demi kelestarian lingkungan, mulai dari hal-hal terkecil yang bisa dilakukan diri sendiri. 
   
   Setelah masing-masing menuliskan upaya pelestarian lingkungan, permainan bingo pun dimulai. Beberapa usul upaya yang dapat kita lakukan sekarang antara lain : tidak membuang sampah sembarangan, hemat dalam menggunakan detergen, tidak membuka kulkas terlalu lama, berjalan kaki apabila tempat yang dituju dekat, mematikan listrik yang tidak dipakai, menggunakan transportasi umum, menggunakan barang yang bisa dipakai (reuse), recycle kertas, memberikan pakaian yang sudah tidak dipakai kepada orang lain, dan lain-lain. Yang menang bingo mendapatkan hadiah dari Mio-san berupa post card. 


   Benkyoukai kali ini tidak dilaksanakan di sekretariat HIMASPA FS UH, melainkan di perpustakaan Jurusan Sastra Jepang Unhas. Sedangkan untuk peserta dari benkyoukai kali ini tergolong lebih sedikit dari dua benkyoukai sebelumnya, hal ini dikarenakan banyak anggota HIMASPA yang sedang ikut KKN dan juga bertepatan libur semester, dimana kebayakan mahasiswa sedang mudik. Namun hal tersebut tidak menjadi penghambat berjalannya proses belajar ini, karena semua peserta yang hadir dengan antusias berkomunikasi dengan Mio-san, dan semua komunikasi yang terjadi di benkyoukai kali ini menggunakan bahasa jepang :).